Menumbuhkan Sikap Mental Positif

Tahukah anda apa rahasia dibalik kesuksesan para profesional ? Selain kecerdasan dan kemampuan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan, ternyata ada hal mendasar yang sangat berpengaruh bagi kualitas kesuksesannya. Hal mendasar tersebut adalah sikap mental positif. Lalu apa yang dimaksud sikap mental positif ? Menurut para psikolog dan pakar karir, sikap mental positif sangat erat kaitannya dengan kepribadian yang menarik.

Di bawah ini adalah daftar kepribadian menarik yang membuat mental anda positif :

  • Fleksibel : Dapat beradaptasi dengan cepat dalam keadaan darurat sekalipun, tanpa kehilangan kendali merupakan ketrampilan yang signifikan dalam mencapai kesuksesan. Dengan bersikap fleksibel, anda mudah beradaptasi dengan lingkungan apapun dan dengan siapapun. Bersikap fleksibel selama tidak merombak prinsip dan kepribadian, anda tidak akan dicap seperti bunglon.
  • Sopan : Sikap yang satu ini merupakan kualitas diri yang menguntungkan dimanapun anda berada. Kesopanan merupakan kebiasaan menghargai perasaan orang lain dalam suatu kondisi. Sebenarnya kesopanan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Sayangnya, saat ini kesopanan merupakan hal yang langka di tengah-tengah kondisi yang semakin menuntut anda bersikap individual. Padahal kebiasaan sopan akan membuat anda mudah mengontrol diri dan menguasai emosi. Dan sikap ini tentu saja sangat dibutuhkan dalam rangka menggapai kesuksesan.
  • Toleransi : Toleransi adalah bersikap fair dan menghormati setiap perbedaan apapun, baik opini, tingkah laku dan kebiasaan. Dengan toleransi anda semakin kaya keanekaragaman dunia. Sedangkan semakin tidak toleran, anda semakin tertutup terhadap setiap perbedaan. Dan ini sama saja dengan menutup potensi pikiran anda. Karena anda dapat berkembang diantaranya jika anda siap menerima gagasan dan perbedaan baru.
  • Humoris : Humor diyakini dapat mengatasi masalah apapun yang melilit kehidupan anda. Karena humor yang wajar akan membuat anda menjadi pribadi yang fleksibel dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi dan lingkungan. Humor membuat anda mudah tersenyum di tengah ketegangan hidup. Hal ini berdampak bagus bagi perkembangan mental anda yang secara tidak langsung mempengaruhi kesuksesan anda.
  • Rendah hati : Sikap congkak, sombong, dan egois tidak akan ditemukan pada orang-orang yang berkepribadian menarik. Sikap rendah hati membuat anda ‘peduli’ dan mau mendengarkan orang lain. Orang yang rendah hati mudah menghargai orang lain dan akan dihargai orang lain.
  • Sportif : Bersikap sportif artinya mau berkompetisi secara sehat dan fair. Biasanya orang yang sportif jika menang tidak akan besar kepala dan jika kalah tidak akan mengeluh apalagi menggerutu. Dengan demikian orang lain akan menaruh hormat dan respek kepada anda. Sikap inilah yang wajib dimiliki oleh para atlit dalam upaya menggapai prestasi dan kemenangan. Begitu juga jika anda ingin meraih sukses dalam karir anda selama ini
  • Hangat :Bersikap hangat sebenarnya merupakan ketrampilan yang sederhana. Namun seringkali diabaikan oleh banyak orang. Padahal sikap hangat pada orang lain mencerminkan sikap antusias, percaya diri, dan kooperatif. Hal ini tentu saja merupakan bagian dari hal yang diperlukan dalam rangka mencapai sukses.

Jika anda sudah mengetahui sikap mental positif tadi, cobalah analisa sikap anda pribadi, apakah anda sudah memiliki semua sikap di atas atau belum. Dengan demikian, anda dapat mengetahui kapasitas dan kualitas diri pribadi. Jika sudah, berarti anda sudah siap mencapai sukses yang anda inginkan. Tapi jika tidak, sebagai kompensasinya belajarlah untuk memperbaiki kualitas diri dengan menumbuhkan sikap mental positif tersebut. Tetapi patut anda ingat, sikap mental positif anda tentu saja harus dibarengi oleh intelegensia yang memadai dan wawasan yang luas. (GCM/Astaga,2008).

Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan ! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.
( I Korintus 15 : 58)