Benarkah Nubuat Yesus sudah Digenapi ?!

(re-presented by Bowo MH, Sekretaris I PHMJ)

Pengantar

Siapakah YESUS ? Apa yang membedakan-Nya dari Para Pemimpin agama, Nabi atau Filsuf besar yang kita kenal ? Istilah yang tepat untuk menggambarkan Yesus adalah “ KEUNIKAN-NYA !!! ”. Perkataan-Nya unik. Pernyataan-Nya mengenai diri-Nya sendiri unik. Mujizat-mujizat yang dibuat-Nya unik. Dan pengaruhNya pada dunia tidak akan pernah dapat disamai oleh orang lain. Yesus bukan manusia biasa. Ia bukan hanya seorang guru, rabi atau bahkan nabi yang besar. Dapat dikatakan bahwa Ia adalah semuanya itu, malahan jauh lebih besar dari pada itu. Berbeda dengan pemimpin agama lain yang ada sebelum ataupun sesudah Dia, Yesus tidak saja berbicara tentang kasih dan Allah; Dialah kasih itu sendiri, dan Dia adalah Anak Allah !

Salah satu aspek yang menonjol dan unik adalah bahwa hidup Yesus menggenapi beratus-ratus ramalan dan nubuat yang tertulis dalam Alkitab, yang diucapkan oleh nabi-nabi dan pelihat-pelihat pada jaman dahulu. Banyak di antaranya diberikan beberapa abad sebelum Ia dilahirkan. Nubuat-nubuat ini memberikan gambaran yang rinci tentang kelahiran, kehidupan dan kematian-Nya. Itulah sesuatu yang tidak mungkin digenapi oleh seorang manusia biasa.

Dalam kitab-kitab pertama dari Alkitab dapat ditemukan lebih dari 300 ramalan tentang “Mesias” atau “Penebus”. Penemuan benda-benda bersejarah dari manuskrip Perjanjian Lama kuno pada abad ke 20 membuktikan bahwa nubuat2 itu benar2 ditulis berabad-abad sebelum Yesus lahir.

Apa Buktinya ?

Berikut beberapa bukti penemuan sejarah Alkitab di antaranya :

Ø DILAHIRKAN OLEH SEORANG PERAWAN

Pada tahun 750 sebelum Masehi nabi Yesaya bernubuat : ‘Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki’ ( Yesaya 7: 14).

Buktinya : 7,5 abad kemudian seorang gadis muda di Israel yang bernama Maria didatangi malaikat yang memberitahukan kepadanya bahwa ia akan melahirkan seorang Anak laki-laki. Injil Lukas mencatat bahwa : Maria bertanya pada malaikat itu, bagaimana itu bisa terjadi karena ia belum bersuami. Dan malaikat itu menjawab dia, “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah“ (Lukas 1: 26-35).

Ø TEMPAT KELAHIRAN

700 tahun sebelum kelahiran Yesus, nabi Mikha sudah menubuatkan di kota mana tepatnya Mesias akan dilahirkan:

“Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum2 Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala” (Mikha 5:2).

Meskipun Yusuf dan Maria tinggal di Nazaret, Israel utara, mereka terpaksa mengadakan perjalanan ke Betlehem pada waktu Maria hamil tua, supaya ikut mengambil bagian dalam sensus di seluruh negeri. Pada waktu mereka berada di Betlehem itulah Yesus dilahirkan.

Ø PROSESI KEMENANGAN MASUK KE YERUSALEM

Oleh kuasa Roh Tuhan, nabi Zakharia menyuruh orang-orang: “Bersorak2lah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri YERUSALEM ! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.” ( Zakharia 9 : 9 , ditulis 450 tahun S.M.)

Ø LIMA HARI SEBELUM DISALIBKAN, YESUS KEMBALI KE YERUSALEM dan menyuruh murid-murid-Nya, “Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada di dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku…..Maka pergilah murid-murid itu dan berbuat seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka. MEREKA MEMBAWA KELEDAI BETINA ITU BERSAMA ANAKNYA, … DAN YESUS PUN NAIK KE ATASNYA … DAN ORANG BANYAK YANG BER-JALAN DI DEPAN YESUS DAN YANG MENGIKUTINYA DARI BELAKANG BERSERU, KATANYA: HOSANA bagi Anak Daud, DIBERKATILAH Dia yang datang dalam nama Tuhan.” ( Mat.21:2-10 )

Ø PENGKHIANATAN

Pada tahun 487 S.M. nabi Zakharia menulis : “Lalu aku berkata kepada mereka, ‘Jika itu kamu anggap baik, beri- kanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah !’. Maka mereka membayar upahku dengan menimbang 30 uang perak.” (Zakharia 11:12)

Di dalam Perjanjian Baru dikatakan : sebelum Yesus ditangkap oleh musuh-musuh-Nya, Yudas Iskariot pergi kepada imam-imam kepala dan berkata, ‘Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu ?’ . Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya. (Matius 26:14-15).

Bayangkan ! 500 tahun sebelum peristiwa itu terjadi, Zakharia, nabi Allah, menubuatkan dengan tepat nilai yang dibayar oleh musuh-musuh Yesus kepada muridNya yang berkhianat, yaitu Yudas !

Ø YESUS DIADILI

Nubuat : “Sesudah Penahanan dan Penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya ?. Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-KU ia kena tulah.“ (Yesaya 53 : 8)

Bandingkan : Pada proses pengadilan Yesus, Pilatus bertanya kepada orang Yahudi,“ ’Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang Yahudi bagimu ?’ Mereka berteriak pula: ‘Jangan Dia, melainkan Barabas !’ “ (Yoh.18 : 39) . Sesudah Pilatus menanyai Yesus, keluar- lah ia mendapatkan orang Yahudi dan tiga kali menyatakan: Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada-Nya.” Kesimpulannya : Jelas sekali YESUS TIDAK BERSALAH atas semua tuduhan kepada-Nya, tetapi Ia harus menanggung dosa kita semua. (Yoh.18 : 38 ; 19 : 4, 6 )

Ø PENYALIBAN

Suatu nubuat lagi yang luar biasa mengenai Mesias diberikan oleh Daud, raja Israel, kira-kira pada tahun 1000 S.M. Di dalam nubuatnya Daud memberikan rincian tentang kekejaman dan kematian penuh penderitaan yang tidak pernah dialaminya sendiri: “Seperti air aku tercurah, dan segala tulangku terlepas dari sendinya; hatiku menjadi seperti lilin, hancur luluh di dalam dadaku… Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku… Mereka membagi-bagi pakaianku di antara merreka, dan mereka membuang undi atas jubahku.”(Mazmur 22:14-18).

Penjelasan :

  1. Raja Daud mati secara alamiah dalam keadaan damai, jadi ia tidak mungkin berbicara tentang dirinya sendiri dalam ayat Alkitab itu. Tetapi sebagai seorang nabi, secara luar biasa Daud menubuatkan dengan tepat keadaan yang akan terjadi pada waktu kematian yang penuh penderitaan dari Mesias yang disalibkan: “Seperti air aku tercurah … Hatiku menjadi seperti lilin.” Yesus tidak hanya mencurahkan hidupnya bagi kita secara rohani, tetapi dikatakan bahwa segera setelah Ia mati, sementara masih tergantung di salib, salah satu dari tentara Roma menusuk lambung-Nya dengan tombak, kemudian darah dan air mengalir keluar. (lihat Yoh. 19:34.)
  2. “Segala tulangku terlepas dari sendinya.” Ini menggambarkan kengerian kematian disalib. Berat badan korban benar-benar merenggut lengan-lengan-Nya keluar dari persendian.
  3. “Anjing2 mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku.” Dalam Perjanjian Baru disebutkan bahwa musuh-musuh Yesus, pemimpin-pemimpin agama (orang Saduki dan Farisi) yang jahat dan penuh dendam, mengelilingi Dia ketika Ia dipakukan di salib, sambil mengejek dan menghujat Dia (lMatius 27:39-44).
  4. “Mereka menusuk tangan dan kakiku.” Ini mungkin merupakan ramalan yang paling mencengangkan dari nubuat ini. Orang-orang Yahudi pada jaman Daud tidak mempraktekkan penyaliban. Hukum agama mereka menentukan supaya para penjahat dirajam sampai mati. Tetapi Allah menunjukkan kepada nabi-Nya (= Daud), bagaimana Mesias akan mati dalam 10 abad kemudian, yaitu dihukum mati oleh kerajaan Roma (yang bahkan belum ada pada jaman Daud). Orang Roma menghukum mati para penjahat dengan penyaliban.
  5. “Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.” Ini penggenapan dari nubuat di dalam Injil ini: “Sesudah prajurit-prajurit itu menyalibkan Yesus, mereka mengambil pakaian-Nya lalu membaginya menjadi empat bagian untuk tiap-tiap prajurit satu bagian – dan jubahNya juga mereka ambil. Jubah itu tidak berjahit, dari atas ke bawah hanya satu tenunan saja… mereka berkata…‘ Janganlah kita membaginya menjadi beberapa potong, tetapi baiklah kita membuang undi untuk menentukan siapa yang mendapatnya'” (Yoh 19:23-24).

Ø PENUTUPAN PINTU GERBANG TIMUR

Nubuat : “Kemudian ia membawa aku kembali ke pintu GERBANG luar dari TEMPAT KUDUS, yang menghadap ke TIMUR, gerbang ini TERTUTUP. Lalu Tuhan berfirman kepada-ku: ‘Pintu gerbang ini harus tetap tertutup, jangan dibuka dan JANGAN SEORANGPUN masuk dari situ, sebab TUHAN, ALLAH ISRAEL, SUDAH MASUK MELALUINYA, karena itu gerbang itu harus tetap TERTUTUP’.”(Yehezkiel 44:1,2). Nubuat ini disampaikan oleh Yehezkiel pada tahun 572 S.M.)

Penggenapan : Ketika Yesus (“Tuhan, Allah Israel”) diarak masuk ke Yerusalem dengan menunggang keledai beban muda, Ia datang dari bukit Zaitun dan masuk melalui GERBANG TIMUR Yerusalem (Mat. 21:9-12), gerbang yang membawa-Nya ke pelataran Bait Suci, seperti telah dikatakan, “pintu gerbang LUAR dari TEMPAT KUDUS, yang menghadap ke TIMUR.”

Pada tahun 70 Masehi, kota Yerusalem dihancurkan dan tetap berupa puing-puing selama berabad-abad. Pada tahun 542 Sultan Sulaiman yang beragama Islam membangun kembali tembok-tembok kota. Orang-orang Yahudi yang menolak Yesus tetap percaya bahwa Mesias akan datang, dan akan masuk dengan prosesi kemenangan ke Yerusalem. Karena itu Sulaiman (untuk menghindari pembicaraan orang Yahudi tentang seorang Mesias dan kemudian memberontak), membangun TEMBOK pada gerbang timur sehingga sama sekali TERTUTUP. Tanpa sadar ia menggenapi nubuat kuno dari Yehezkiel: “Pintu gerbang itu harus tetap tertutup… sebab Tuhan (Yesus), Allah Israel, SUDAH MASUK melaluinya.” Pintu gerbang timur itu tetap tertutup sampai pada hari ini !

Ø YERUSALEM DIHANCURKAN SETELAH YESUS DISALIBKAN !

Nubuat : “Sesudah ke- 62 kali 7 masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota (Yerusalem) dan tempat kudus itu (Bait Suci orang Yahudi)”–Daniel 9:26. Dengan perkataan lain, menurut nubuat itu, SETELAH kematian Mesias, kota Yerusalem DAN Bait Suci akan DIHANCURKAN ! . Benarkah demikian ?! Ya, itu terjadi hanya 40 tahun kemudian !

Penggenapan : Setelah Yesus mati (disalibkan pada tahun 30 M), bukan bagi diriNya sendiri tetapi bagi dosa DUNIA, apakah yang terjadi pada Yerusalem dan Bait Suci orang Yahudi ? Pada tahun 70 M, pasukan Roma dari kaisar Vespasian (“rakyat seorang raja”), di bawah pimpinan anaknya, jenderal Titus, masuk dan membakar habis kota Yerusalem dan menghancurkan sama sekali Bait Suci sehingga tidak satu batupun terletak di atas yang lain !.

Nubuat yang mengagumkan yang diucapkan Yesus 40 tahun sebelum bencana itu terjadi, telah digenapi dengan TEPAT ! (Lihat Matius 24:1-2; Lukas 19:42-44;21:20-24.)

Ø PENGUBURAN YESUS

Nubuat : “Orang menempatkan KUBURnya di antara ORANG-ORANG FASIK, dan dalam MATInya ia ada di antara penjahat-penjahat.” atau dalam terjemahan bhs Inggris: ‘with the RICH (orang kaya) in His DEATH.’ (Yesaya 53:9)

Penggenapan : YESUS MATI SEBAGAI PENJAHAT DI MATA DUNIA, karena ada 2 PENYAMUN DISALIBKAN BERSAMA DIA.” (Mat. 27 : 38) Dan SETELAH IA MATI “datanglah SEORANG KAYA, … bernama Yusuf…menghadap Pilatus dan meminta MAYAT YESUS. … Yusufpun mengambil mayat itu…lalu MEMBARINGKANNYA DI DALAM KUBURNYA (kubur Yusuf sendiri) YANG BARU…” (Matius 2 7: 57- 60)

Ø KEBANGKITAN YESUS

Nubuat : “Sebab Engkau tidak MENYERAHKAN aku ke DUNIA ORANG MATI, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat KEBINASAAN (Mazmur 16:10). KATA “DUNIA ORANG MATI” (‘hell’ dlm bhs Inggris) berasal dari kata Ibrani “SHEOL, yang bisa berarti “neraka” atau “kubur”. Raja Daud yang memberikan nubuat ini, telah mati dan dikubur, dan dagingnya membusuk. Tetapi Yesus dibangkitkan dari kubur dan neraka tiga hari setelah kematian-Nya. Ia tidak dibiarkan di dunia orang mati (atau neraka) dan daging-Nya tidak membusuk (terjemahan dari bhs Inggris: “neither [did] His flesh see corruption” = dagingNya tidak membusuk) Baca : Kisah 2: 27-31. Juga seperti yang dikatakan malaikat kepada orang-orang yang berdukacita yang datang ke kubur Yesus: “Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. … Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati ?” (Lukas 24: 6,5)

Sudah Cukupkah Kita Menerima bukti-bukti tersebut secara MENTAL dan INTELEKTUAL ?!

Agar kita benar-benar yakin bahwa Yesus adalah Anak Allah seperti yang dikatakan-Nya, kita hanya perlu secara pribadi menguji Dia ! Mintalah Dia masuk ke dalam hati kita, mengampuni semua kesalahan yang telah kita perbuat, dan memenuhi hidup kita dengan kasih, damai sejahtera dan sukacita dari Dia. Dan Ia pasti akan melakukannya !

Kita hanya perlu berdoa: “Yesus, aku perlu kasihMu untuk menyucikanku dari kesalahan dan dosa-dosaku. Aku perlu terang-Mu untuk mengusir semua kegelapan. Aku perlu damai-Mu untuk memenuhi dan memuaskan hatiku. Sekarang aku membuka pintu hatiku dan minta Engkau masuk ke dalam hidupku dan berikanlah padaku karunia hidup yang kekal. Amin”

Penutup

Tanpa uang dan senjata Yesus dari Nazaret menaklukkan berjuta-juta orang lebih banyak dari pada Alexander, Yulius Caesar dan Napoleon. Tanpa ilmu pengetahuan yang canggih dan belajar, Ia lebih banyak memberikan terang pada perkara-perkara manusiawi dan ilahi, dibandingkan semua ahli filsafat dan ilmu pengetahuan. Tanpa belajar bahasa di sekolah, Ia mengucapkan kata-kata kehidupan seperti yang belum pernah diucapkan orang sebelum dan sesudah Dia. Dan hasilnya jauh melebihi jangkauan Ahli Pidato, Juru Kampanye maupun Penyair manapun. Ia tidak pernah menulis satu kalimatpun, namun karena Dia, hingga kini tak terhitung berapa pena yang telah digerakkan.

Bahkan Phillip Schaff – sejarahwan terkemuka menuliskan bahwa : Dia menjadi tema pokok untuk banyak khotbah, pidato, diskusi, buku ajar, karya seni dan lagu pujian, lebih banyak dari pada semua orang besar dari zaman dahulu sampai zaman modern sekaligus.” Selamat Paskah, Tuhan memberkati !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s