APAKAH ANDA BERANI SUKSES ?!

kunci-sukses

Bacaan : II Tawarikh 26 : 1-5 (Ayat 4-5)

Ia melakukanapa yang benar di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Amazia, ayahnya. Ia mencari Allah selama hidup Zakharia, yang mengajarnya upaya takut akan Allah. Dan selama ia mencari TUHAN, Allah membuat segala usahanya berhasil.

Apakah yang paling diingini oleh manusia di dunia ini ?Mengapa ada orang yang bekerja keras, ada orang yang tekun berdoa, rajin beribadah, disiplin, giat belajar dan mengikuti berbagai pelatihan, kursus-kursus atau hadir dalam pertemuan motivasi-motivasi ? Tiada lain karena orang tersebut INGIN SUKSES !

Sukses di sini tentu jangan hanya diartikan sebagai sukses secara duniawi (harta melimpah, kedudukan yang tinggi, kekuasaan yang besar, apapun yang diingini dapat dibeli, selalu sehat, dst). Namun bisa juga sukses dalam arti rohani, yakni memiliki kelimpahan sukacita, hidup penuh ucapan syukur, selalu diliputi bahagia, hidup penuh kasih dan selalu bertumbuh dalam iman.

Pertanyaannya adalah : Adakah seseorang yang dapat sukses, baik secara duniawi maupun rohani/surgawi ? Adakah di dunia ini orang yang tidak pernah menderita, mengalami suka dan duka ? Secara tegas jawabannya tentu TIDAK PERNAH ADA ! Pertanyaan selanjutnya adalah : Apakah salah jika untuk meraih sukses kita mengandalkan Si Boss yang baik hati ? Untuk menjawab ini, ada baiknya kita belajar dari teguran keras dari Nabi Yeremia kepada Bangsa Israel, ”Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!” (Yer.17:5).

Mengapa dalam meraih sukses kita dilarang mengandalkan manusia ? Karena betapa hebatnya manusia, adalah tetap manusia. Ia adalah ciptaan Tuhan, memiliki keterbatasan, hanya sebagai alat/sarana bagi berlakunya limpahan berkat dari Tuhan, sedangkan Sang sumber berkat dan kesuksesan yang sejati hanyalah Tuhan sendiri.

Ketika kita merasa sudah lama berdoa dan berusaha, namun Tuhan juga belum menjawab doa-doa kita, percayalah bahwa, ”Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya. Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir” (Pengkotbah3 :1,11), sebab itu, “Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak” (Mazmur37 :5).

Apa yang menjadi pergumulan kita yang sesungguhnya adalah sebagai orang Kristen kita mau sukses, tetapi TIDAK BERANI SUKSES. Mengapa ? Karena banyak orang yang ingin sukses secara cepat dan instan. Jika perlu begitu selesai sekolah, bekerja langsung sukses, begitu berdoa langsung dikabulkan oleh Tuhan atau begitu jadi orang Kristen langsung menjadi orang saleh. Kita sering lupa bahwa untuk sukses kita harus berani membayar harga. Dengan perkataan lain, jika kita berani sukses maka kita pun juga harus berani membayar harga.

Seberapa besarkah “harga yang harus kita bayar” ? Untuk menjawab pertanyaan ini, Matius mencatat demikian,”Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu (Matius6 : 33), sedangkan Raja Uzia, yang saat dinobatkan menjadi Raja masih remaja(16 th), memberikan teladan dan kesaksian hidup kepada kita semua, “Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Amazia, ayahnya. Ia mencari Allah selama hidup Zakharia, yang mengajarnya supaya takut akan Allah. Dan selama ia mencari TUHAN, Allah membuat segala usahanya berhasil.”

Nah pertanyaan akhirnya adalah Apakah kita berani untuk sukses ?! Jika memang berani maka pada saat ini Tuhan menantang kita agar kita berani membayar harga dengan hidup selalu mengandalkan Tuhan, sabar menunggu waktu-Nya, dan berani hidup sesuai kebenaran dan kehendak-Nya. Ingatlah bahwa kesuksesan di luar kehendak Allah adalah bencana bagi hidup kita, sedangkan kesuksesan oleh karena kebenaran dan kehendakNya merupakan kesuksesan yang sejati dalam hidup kita, amin (Bawa M. Hadi, warga Blok XI).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s