Sudahkah Kita Menjadi Ciptaan Baru ?

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang (2 Korintus 5 : 17).

new-life-road-sign

Mengapa kita perlu diciptakan menjadi Ciptaan_Nya yang baru ?
Untuk menjawab alasan ini, Rasul Paulus dengan tegas memberikan alasan hakikinya, Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3 : 23), dan di dunia ini, Tidak ada yang benar, seorang pun tidak. Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah. Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak. Kerongkongan mereka seperti kubur yang ternganga, lidah mereka merayu-rayu, bibir mereka mengandung bisa. Mulut mereka penuh dengan sumpah serapah, kaki mereka cepat untuk menumpahkan darah. Keruntuhan dan kebinasaan mereka tinggalkan di jalan mereka,dan jalan damai tidak mereka kenal; rasa takut kepada Allah tidak ada pada orang itu.” (Roma 3 : 10-18). Dan tentunya masih banyak lagi alasan lain yang dicatat dalam Alkitab !

Bagaimana hal ini jika dikaitkan dengan sejarah penciptaan manusia ?
Dengan jelas Alkitab mencatat bahwa, pada hari pertama Allah menciptakan “TERANG”, dan selanjutnya pada hari yang keenam Allah menciptakan “MANUSIA”, laki-laki dan perempuan menurut gambar dan rupa_Nya. Dan semuanya yang diciptakan_Nya sungguh amat baik !!! (Kejadian 1 : 3, 26-27,31).

Mengapa hanya manusia yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah ?
Karena Tuhan mengharapkan manusia akan menjadi “wakil, utusan dan citra diri”_Nya, yang diberi “kuasa dan kemuliaan” untuk berkuasa atas segala makhluk dan tumbuhan yang diciptakan_Nya sebelumnya. Sehebat apapun binatang, sekuat apapun tumbuhan, dan seindah apapun alam ciptaan_Nya, namun mereka tidak diciptakan segambar dan serupa dengan Allah. Sebelum manusia jatuh ke dalam dosa, dan kehilangan kemuliaan_Nya, manusia memiliki “kekuasaan” yang luar biasa, tabiat yang mencerminkan kekudusan, kebaikan dan kemuliaan Allah, Dan sebagai ciptaan yang sungguh amat baik. Namun setelah manusia jatuh ke dalam dosa, mereka  berubah  dan dipengaruhi oleh tabiat Iblis / roh jahat, sehingga segala apa yang diperbuatnya hanyalah untuk memenuhi hawa nafsu pribadi atau kedagingannya (misalnya : biadab, pembunuh, pembuat onar, sombong, dll).

Bahkan secara tegas Rasul Paulus mengatakan bahwa mereka tidak ada yang mencari Allah. Mereka bahkan telah kehilangan karakter yang luhur, dan kehilangan kekuasaannya, baik terhadap segala binatang buas dan berbisa, ataupun juga terhadap kuasa-kuasa kegelapan (baca : okultisme). Mereka tidak lagi membutuhkan ibadah kepada Allah, justru menjauhkan diri dari segala bentuk perkumpulan orang-orang percaya.

Jikalau orang Kristen telah mengakui percaya, bertobat dan dibaptis dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus, bukankah mereka akan menjadi ciptaan baru ?
Belum tentu, sebab setiap orang Kristen akan dipengaruhi oleh keberadaannya dan latar belakang kekristenannya. Ada yang menjadi Kristen karena kelahiran/keturunan, mereka tentu belum memahami apa itu Kristen. Untuk itulah mereka harus dibaptis dan mendapatkan berbagai pengajaran kekristenan, baik melalui keluarga maupun gereja, hingga mereka mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat pribadinya. Namun beberapa orang menjadi Kristen karena pemberitaan dan pengajaran Injil, dan ketika mereka mengakui bahwa Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadinya, barulah mereka dibaptiskan.

Pertanyaan akhir : Sudahkah kita benar-benar menjadi Ciptaan Baru dalam Kristus ? Untuk menjawab pertanyaan ini, marilah kita meneliti perjalanan hidup kekristenan kita hingga saat ini, dengan dipandu 4 pertanyaan berikut : (1) Apakah misi Allah dengan menciptakan kita di dunia ini ? (2) Apa sajakah talenta/keahlian yang diberikan Tuhan untuk menjalankan misi_Nya di dunia ini ? (3) Sampai usia kita sekarang, apa sajakah hidup lama kita yang masih kita lakukan dan apa sajakah bentuk perbuatan hidup baru yang sudah kita perbuat sesuai dengan misi_Nya ? dan (4) Kira-kira ke depan berapakah sisa hidup kita hingga Tuhan memanggil kita, apa sajakah program hidup baru yang akan kita lakukan untuk kemuliaan_Nya ?

Selamat menjawab keempat pertanyaan tersebut, Tuhan memberkati, Amin

( Bowo M. Hadi, warga Blok XI).

2 thoughts on “Sudahkah Kita Menjadi Ciptaan Baru ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s