KEMERDEKAAN KRISTEN

Galatia 5 : 1-2,13
“Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan. Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu. Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.”

FreedomSetiap perjalanan hidup manusia di dunia ini senantiasa dihadapkan dengan berbagai masalah serta tantangan besar maupun kecil. Seperti halnya bangsa-bangsa di bumi ini, tidak akan lepas dari perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan. Bangsa Israel dahulu juga pernah mengalami hidup dalam masa perbudakan selama 430 tahun (Keluaran 12 : 40). Juga bangsa kita, Indonesia juga pernah dijajah oleh bangsa Belanda selama 350 tahun kemudian bangsa Jepang menjajah 3,5 tahun.
Dalam masa penjajahan tentulah mengalami tekanan dan penindasan. Kehilangan hak dan kewajiban serta cita-cita harapan masa depan yang membahagiakan. Demikian juga, hidup kita sebelum percaya dan mengenal Kristus. Kita hidup dalam perhambaan karena diikat oleh berbagai macam dosa dan kejahatan, sehingga kita kehilangan harapan serta cita-cita mulia yang sangat kita rindukan.
Namun karena kasih Allah yang begitu besar, kita semua yang percaya beroleh anugerah yang amat besar dan mulia di dalam Kristus. Hidup kita di dunia ini beroleh damai sejahtera yang sejati serta hidup kekal di surga yang telah dijanjikan. Sekarang ini bangsa Indonesia telah menjalani kemerdekaan selama 68 tahun, lepas dari penjajahan. Tentu bangsa kita terus berjuang tanpa henti demi masa depan bangsa ini semakin merasakan kebahagiaan.
Hal ini juga merupakan hidup kita setiap orang percaya, hendaknya terus berjuang untuk mencapai cita-cita yang berlandasan kasih Allah. Jangan sampai kita terikat dan dibelenggu lagi oleh bermacam-macam keinginan duniawi yang menyesatkan. Mari kita renungkan Firman Tuhan dalam Galatia 5 : 1 (dengan perikop “Kemerdekaan Kristen”), sebagai berikut : “Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan”.
Firman tersebut mengingatkan kepada kita agar tetap berjuang terus dengan sungguh-sungguh, jangan sampai terbelenggu oleh kuk perhambaan lagi.  Waspadalah, jangan sampai kemerdekaan yang telah kita miliki, kita pergunakan untuk kesempatan untuk hidup dalam hawa nafsu duniawi. Hiduplah dalam kemerdekaan Kristen, semakin setia dan taat kepada Kristus sampai pada akhirnya. (Galatia 5 : 13). Amin…

(kiriman Dkn. Sis Bambang Kelp. 7 Blok XI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s